Rabu, 18 Februari 2015

Apa saja Alat-alat CCTV yang mesti disiapkan


By on 01.12


Sebelum Pasang, Alat-Alat CCTV nya mesti disiapkan dulu gan !

Sebelum saya kasih cara pasangnya ada baiknya harus tau dulu apa aja yang perlu disiapkan !
Ya iyalah...masa mau pasang cctv barang yang mau dipasangnya ga ada...Ngimpi kali ye...

1. DVR ( Alat Perekam CCTV ) modelnya kayak DVD Player, bedanya ga ada cdnya tapi ada hardisknya hehe

 Jenis DVR ada banyak, tapi intinya buat pemula pastiin DVR nya ada buat Slot VGA buat monitor jika agan mau pake monitor buat nampilinnya , HDMI buat LCD TV, klo agan lebih suka gambar yang bening, LAN buat CCTV bisa diakses di komputer atau di handphone.

Tinggal pilih aja channelnya mau yang berapa, ada 4 chanel, 8 chanel, 16 chanel, 32 chanel. tergantung dengan kebutuhan agan-agan,








2. Camera CCTV

Camera nya pastikan buat yang diluar itu ada bracketnya karna untuk diluar biasanya di tempel di dinding melalui BOR, jadi membutuhkan bracket, biasanya setiap kita beli cctv udah dapet bonus bracket.
klo untuk yang di dalam ruangan pake cctv Dome, biar lebih mudah dipasang di atap tinggal dibaut dan distel tergantung keinginan kita.











3. Kabel CCTV

Kabel CCTV itu banyak typenya, intinya sih kabel antena TV pun bisa, karna tujuannya sama untuk data gambar. tapi klo agan mau yang lengkap dan bagus, beli kabel Jenis RG 59, seperti ini :








ada 2 jenis kabel, satu buat data satu lagi buat power.dan ada dua warna, warna hitam untuk kabel diluar karna lebih tahan cuaca, warna putih untuk di dalam, harganya pun beda dikit.
kemudian kabel itu harus agan pasang dengan jack nya dan BNC male dan female, untuk di masukin ke DVR nantinya.
tapi jika agan bingung, pengen yang praktis dan murah harganya, beli kabel yang udah jadi namanya kabel RCA CCTV, bentuknya kayak kabel video DVD player. cuma beda dipowernya.



kabel ini sudah jadi, tinggal agan beli yang ukuran, 10 meter, 15 meter, 20 meter, dan seterusnya kelipatan 5 meter kalau ga salah. dan jangan lupa jack BNC nya, karna beda dengan jack yang kabel RG 59.



4. Jack BNC dan Male & Female untuk power

 

Jack ini agan siapkan jika ingin memakai kabel RG 59, tetapi jika agan mau pilih kabel yang sudah jadi seperti kabel RCA, agan cuma perlu beli jack buat RCA. Tapi saran saya agan lebih baik pake kabel RG 59 dari pada kabel rca, karna sesuai Analisa dan pengalaman saya...cie cie...kabel rca itu gak awet dan sering membuat koneksi ke cctv terganggu saat lampu IR menyala. jadi DVR sering berbunyi Nyit Nyit terus.. karna kabel rca itu tipis banget gan, beda jauh sama RG 59. apalagi klo spek CCTV nya 1000 tvl, wajib pake RG59. 
5. Adaptor CCTV

Untuk adaptor CCTV, pastikan volt 12 Volt sama ampere 1A nya sesuai aturan, boleh ampere lebih besar, tapi ga boleh lebih kecil, contohnya seperti ini :
ini jenis adaptor yang lumayan awet gan, soalnya klo yang biasa2 kayak jenis charger hp jadul, itu sering rusak alias metot, mungkin karna ga kuat panas soalnya dipake 24 jam. contoh adaptor saya yang sudah 4 kali rusak..ckckck..







Tapi klo agan, orangnya sukanya yang rapih, sukanya yang ribet2 hahaha...lebih baik pake power suppy adaptor center yang ada box nya. itu ampere nya beda2 gan, jangan salah pilih ampere semakin tinggi berarti semakin banyak cctvnya. contohnya seperti ini.








6. Hardisk Komputer type slot nya Sata. dari 160 GB, 250GB, 320 GB, 500GB, 750 GB, 1 Tera, sampe 2 Tera,

Jumlah hardisk disesuaikan dengan banyak nya cctv yang terpasang dan tergantung typenya juga. semakin type nya bagus berarti hardisknya butuh yang besar, supaya bisa merekam sampe 2, 3 minggu atau sampe 1 bulan. terserah mau pilih merk apa aja.

Klo semua udah lengkap, baru deh tinggal pasang, Gampang gan, tinggal colok-colok doang ko. gak pake ribet dan gak usah pake kursus atau sekolah hahaha...
Demikian gan, nanti lanjut lagi....



About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

1 komentar :