Selasa, 17 Februari 2015

Budgetnya berapa sih ?


By on 21.49

Nah, klo ngomongin masalah budget itu memang relatif ya, sesuai kebutuhan dan isi dompet kita, tapi saya ingin buka-bukaan masalah harga, walaupun mungkin tukang jual CCTV di dearah anda, bisa manyun dan teriak sama saya. hadeuhh.....ampunn...pak ! saya hanya berbagi informasi saja, bukan mau jualan ko...ckckckck....
ingin membagi ke dua kategori, Kategori spesifikasi tinggi tapi harga tetep murah, dan Kategori spesifikasi standar yang pasti harga lebih murah dong. cocok lah dengan isi dompet..hehe...


Sebelum saya jelaskan mungkin ada bener juga, pepatah diatas, memang harga itu gak bakalan bohong, tentunya kualitas yang bagus biasanya berharga lebih mahal, so jangan ketipu gan, dengan iklan murah kualitas bagus...ckckckck... Tapi yang bikin sakitnya tuh disini klo udah harga mahal trus kualitas rendah...


Sebelum sakitnya tuh disini, mari kita bahas dulu mengenai kualitas dan harga cctv yang ada di pasaran.
CCTV yang ada dipasaran saat ini memang beragam, tapi klo anda coba beli ke tukang cctv dan ada paket2 nya coba anda liat speknya, pasti ga ada ckckck.... klo adapun biasanya speknya type cctv 420tvl, 700tvl, tapi masih banyak sih penjual cctv yang menjaga kualitas dan profesionalnya dengan memberikan speknya yang bagus dan merk yang bagus, tentunya supaya menjaga imeg penjualnya. ini yang keren gan. tapi tentunya harganya lebih mahal dong...
jika agan, emang mau beli tuh cctv, pasti kan nanya dimana gan belinya ? klo mau murah ya beli online gan. banyak situs online yang menyediakan alat-alat cctv secara online, contohnya Lazada, Tokopedia, dan banyak lagi.
Tapi klo agan masih ga ngerti juga, lebih baik agan, serahkan sama ahlinya. tinggal beres tapi tinggal agan yg cerewet minta speknya yang bagus. biar hasilnya pun ga mengecewakan. 

1. Harga CCTV Standar

Untuk kebutuhan rumah atau toko yang sederhana biasanya cukup maksimal 4 chanel CCTV dengan arti hanya punya buah camera cctv saja.
DVR untuk 4 chanel tuh biasanya paling murah dan paling banyak dipake untuk rumahan atau Toko yang kecil. ini cuma perkiraan loh ya sesuai yang saya tau dari website online sebelah.

 

1. DVR 4 Channel ada slot VGA, HDMI, Lan.                        Rp. 500.000
2. Kabel RG 59 untuk data + Power  untuk 60 meter CCTV  Rp. 240.000 (asumsi permeter 4.000 masing2 15 meter)Pokoknya sebelum beli agan, meterin dulu aja biar pas belinya, caranya hitungnya, meterin kabel dari DVR ke tempat Camera yang akan dipasang.
3. CCTV Dome (untuk dalam ruangan)  700Tvl  untuk 2 pcs  Rp. 340.000  ( asumsi perbuah 170.000)
    cctv ini jarak pandang nya sekitar 5-10 meter mentoknya) untuk malamnya perlu cahaya lampu yang terang.
4. CCTV Outdoor ( untuk diluar ) 800 tvl untuk 2 pcs           Rp. 560.000 ( asumsi perbuahnya 280rb)
 Cctv ini jarak pandang sesuai spek sekitar 10-15 meter, IR nya udah bagus, jadi ga perlu cahaya terang, dia udah terang melalui infra red nya. klo mau bagus lagi, pake cahaya lampu lagi, biar gambarnya bisa berwarna, tapi terkadang hitam putih juga.
5. Jack BMC cctv untuk 4 cctv berarti butuh 8 pcs              Rp. 40.000 (asumsi per pcs 5.000)
6. Jack DC Male dan Female masing2 4 pcs total 8             Rp. 24.000 (asumsi per pcs 3.000)
7. Hardisk 500 GB sata Seagete Resmi untuk 4                   Rp. 560.000 ( asumsi harga dulu saya beli )
Total Biaya
untuk pemasangan CCTV 4 Channel, 2 chanel untuk di dalam ruangan dan 2 lagi untuk di luar ruangan.
Totalnya Rp. 2.264.000, harga ini hanya harga perkiraan saja disesuaikan dengan harga yang saya liat di website online.



 2. Harga CCTV Menengah ( kualitas lebih baik dari yang standar)

1. DVR 4 Channel ada slot VGA, HDMI, Lan.                       Rp. 500.000

2. Kabel RG 59 untuk data + Power  untuk 60 meter CCTV  Rp. 240.000 (asumsi permeter 4.000 masing2 15 meter)Pokoknya sebelum beli agan, meterin dulu aja biar pas belinya, caranya hitungnya, meterin kabel dari DVR ke tempat Camera yang akan dipasang.

3. CCTV Dome (untuk dalam ruangan)  1000Tvl  untuk 2 pcs  Rp.1.000.000  ( asumsi perbuah 500.000)
    cctv ini jarak pandang dan IR nya sampe 40 meter, beda kan harganya hehe...IR nya pun bagus terang.

4. CCTV Outdoor ( untuk diluar ) 900 tvl untuk 2 pcs           Rp. 760.000 ( asumsi perbuahnya 380rb)
 Cctv ini jarak pandang sesuai spek sekitar 40 meter, IR nya udah bagus, jadi ga perlu cahaya terang, dia udah terang melalui infra red nya. klo mau bagus lagi, pake cahaya lampu lagi, biar gambarnya bisa berwarna, tapi terkadang hitam putih juga.
 


5. Jack BMC cctv untuk 4 cctv berarti butuh 8 pcs              Rp. 40.000 (asumsi per pcs 5.000)
6. Jack DC Male dan Female masing2 4 pcs total 8             Rp. 24.000 (asumsi per pcs 3.000)
7. Hardisk 500 GB sata Seagete Resmi untuk 4                   Rp. 560.000 ( asumsi harga dulu saya beli )
8. Adaptor CCTV  untuk 4 CCTV                                      Rp. 100.000 (asumsi per pcs 25.000)
Total Biaya

3. Harga CCTV Kualitas Tinggi ( Mahal banget gan, ini belinya itungannya Dollar )
Misalkan Merk Sony, bukan sony boongan loh ya...camera diatas juga katanya camera sony, tapi tetep sih harga tidak bisa bohong... ckckckck kalau dirupiahkan bisa diatas 10 jutaan lah...untuk 4 cctv tuh. percisnya saya belum nyoba karna muahal....mending buat beli mie ayam 1000 mangkok dah...hahaha...

untuk pemasangan CCTV 4 Channel, 2 chanel untuk di dalam ruangan dan 2 lagi untuk di luar ruangan.
Totalnya Rp.3.224.000 , harga ini hanya harga perkiraan saja disesuaikan dengan harga yang saya liat di website online. jadi yang membedakan hanya di camera nya saja. yang penting kan jelas atau engganya camera, makanya butuh camera yang super bagus. Klo mau bagus lagi ganti DVR nya dengan yang harga 1 juta keatas, intinya sih sama aja, yg beda cuma kualitas dvr nya aja sama merknya.

Klo agan butuhnya cuma satu atau dua cctv, agan bisa tinggal itung sendiri aja sesuai budget diatas ya. klo mau diatas 4 pun bisa dihitung sendiri tinggal agan diganti dvrnya dengan dvr yang 8 chanel atau 16 chanel. dan jika CCTVnya dibawah 4 chanel agan bisa juga memakai hardisk dibawah 500gb biar lebih murah,sebaliknya jika ingin lebih dari 4 chanel berarti hardisk yang dibutuhkan lebih besar, bisa pake 750GB atau 1 Tera. Pemakaian hardisk jika agan ingin hasil cctv yang ada bisa terekam di DVR. semakin banyak kapasitas hardisk berarti waktu untuk merekamnya lebih banyak.

CCTV ini bisa di akses secara online melalui hp android tetapi mesti adanya jaringan internet dulu dari speedy atau ISP lainnya. cara settingnya di tahap selanjutnya. CCTV ini memakai DVR yang memakai slot HDMI jadi kualitas gambar di TV LCD nya bisa lebih bagus dibanding dilihat di TV tabung. atau bisa di lihat di monitor LCD atau Monitor tabung dengan slot VGAnya.

Demikian hasil apa yang saya tau, klo yang belum taunya berarti ada yang kurang penyampainnya bisa ditanyain aja. Tapi...suttss.....ini hanya berbagi yang saya tahu, bukan jualan ataupun untuk membuat rugi penjual cctv, saya yakin mereka pun ada rezekinya, dan aganpun bertambah ilmunya.
Semoga bermanfaat.

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar :

Posting Komentar